Kamis, 09 Oktober 2014

TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 26 JAKARTA

TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMKN 26 JAKARTA 

SMKN 26 JAKARTA & TEKNIK GAMBAR BANGUNAN 26

Hallo nama saya fajri ahmanudin kelas 10 TGB 2. Disini saya akan mengulas tentang apasih SMKN 26? apasih hebatnya? nah sekarang saya akan menjelaskan tentang smkn 26 dan kehebatannya

1.SEJARAH SMKN 26
SMK Negeri 26 Jakarta adalah perubahan nama dari STM Negeri Pembangunan Jakarta. SMK Negeri 26 Jakarta merupakan lembaga pendidikan kejuruan yang bertugas meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang sesuai dengan kebutuhan Industri dan Masyarakat. Pembangunan Indonesia yang dimulai pada tahun 1969/70 yang dikenal dengan dengan PELITA I, memberikan pemikiran untuk mengadakan pembaharuan pada sistem pendidikan nasional, khususnya pembaharuan pada Sekolah Teknologi Menengah dengan jenjang pendidikan 3-4 tahun mulai dirintis. Pada tahun 1970/71 Menteri Pendidikan menetapkan untuk menyelesaikan 12 instalasi Pendidikan Teknik secara bertahap, dimana di Jakarta dan Semarang diselesaikan sekaligus sebagai PROYEK PERINTIS SEKOLAH TEKNOLOGI MENENGAH PEMBANGUNAN dengan lama belajar 4 (empat) tahun yang diresmikan oleh Presiden RI, Bapak Soeharto di Jakarta pada 1 Juli 1971 dan di Semarang pada 7 Juni 1971 disusul di Yogyakarta pada 29 Juli 1972. Pada tahun 1973 selesai dibangun 5 (lima) Proyek Perintis STM Pembangunan di Surabaya, Ujung Pandang, Bandung, Pekalongan dan Temanggung. Sedangkan pada tahun 1974 selesai 4 (empat) Instalasi Pendidikan Teknik Lainnya yaitu di Jember, Boyolali, Tanggeang dan Metro, yang disebut dengan Sekolah Menengah Teknologi Pertanian dengan lama belajar 3 (tiga) tahun. Dengan demikian hanya ada 8 (delapan) Proyek Perintis STM Pembangunan di Indonesia, yaitu:
STM Pembangunan Jakarta
STM Pembangunan Semarang
STM Pembangunan Yogyakarta
STM Pembangunan Surabaya
STM Pembangunan Ujung Pandang
STM Pembangunan Bandung
STM Pembangunan Pekalongan
STM Pembangunan Temanggung
Sejak berdirinya tahun 1971 sampai dengan tahun 1985, dinamakan Proyek Perintis Sekolah Teknologi Menengah Pembangunan, sedangkan sejak tahun 1986 status Proyek tidak dipakai lagi dan diubah menjadi Sekolah Teknologi Menengah Negeri Pembangunan (STMN Pembangunan) Jakarta yang berlokasi di Jalan Balai Pustaka Baru No.I Rawamangun Jakarta Timur 13220. Berdasarkan Surat Edaran Sekjen Depdikbud Nomor : 41007 / A ; AS / OI 1997 tanggal 3 April 1997, sebagai tindak lanjut dari Kepmen Depdikbud Nomor 034, 035 dan 036/O/1997 tentang perubahan NOMENKLATOR maka STM Negeri Pembangunan Jakarta berubah menjadi SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 26 (SMK NEGERI 26) Jakarta.

2. VISI SMKN 26 JAKARTA
Menjadi yang terbaik dengan mengejar keunggulan prestasi dan berakhlak mulia

3. MISI SMKN 26 JAKARTA
Meningkatkan kualitas manajemen melalui sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008; Meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan mengikuti pendidikan,latihan dan pengembangan; Meningkatkan mutu program pembelajaran dengan dunia usaha dan industri; Mengembangkan sekolah bertaraf Internasional dengan penerapan manajemen berbasis sekolah; Meningkatkan mutu tamatan yang berbudi pekerti luhur dan profesional

4. MOTTO SMKN 26 JAKARTA
”BELAJAR BEKERJA MEMBANGUN”

 Disekolah ini memiliki 25 ektrakurikuler. Diantaranya adalah:
•Paskibra
•Rohis
•Pramuka
•PMR
•English Club (EC)
•Student Comapany (SC)
•Angklung
•Tepepa
•Nihon Club
•Piksersan
•Jurnalistik
•Band
•Silat
•Taekwondo
•Basket
•Futsal
•Handball
 Dan ini adalah fasilitas yang dimiliki oleh SMKN 26

GERBANG SMKN 26

wall climbing SMKN 26

Denah SMKN 26

Masjid SMKN 26, yang sedang di perbaiki

Kantin SMKN 26


TEKNIK GAMBAR BANGUNAN
Teknik gambar bangunan merupakan sebuah jurusan di sekolah menengah kejuruan atau SMK yang dahulu disebut sebagai STM dengan kepanjangan sekolah teknologi menengah, misalnya STM pembangunan yang terletak di jalan balai pustaka baru I Rawamagun telah mendidik ribuan siswa dengan keahlian gambar teknik yang dibangku universitas di sebut sebagai teknik Arsitektur. selain itu SMK N 26 ini juga mempunyai berbagai macam jurusan lain yang siap terjun dan berkarya di dunia industri, hal ini dapat dibuktikan dengan menyebarnya alumni ke berbagai perusahaan nasional besar di Indonesia juga luar negeri seperti jepang dan china bahkan banyak siswa yang belum lulus sekolah tapi diminta sebuah perusahaan untuk berkarya dalam usahanya. sebenarnya keahlian apa saha yang diajarkan pada jurusan tersebut sehingga bagi bapak ibu pemilik perusahaan dapat memilih tenaga kerja yang handal, disiplin dan keahlian kerja yang bagus, berikut ini ketrampilan yang dikuasai alumni:
1.Dapat menggambar bangunan baik secara manual maupun menggunakan software komputer seperti           Autocad dan 3D Max.
2.Dapat menggambar dua dimensi maupun 3 dimensi.
3.Dapat membuat desain dari 0 sampai lengkap.
4.Kemampuan menggambar siswa sama dengan arsitek bahkan lebih karena disini siswa dilatih bagaimana melakukan rancang bangun bangunan secara mandiri.
5.Menguasai ilmu ukur tanah menggunakan pesawat theodolit, water pass dan lainya serta bagaimana menghitung hasil pengukuran tersebut kedalam sebuah data yang dibutuhkan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan proyek.
6.Menguasai cara mengintung RAB Rencana Anggaran biaya bangunan.
7.Menguasai perhitungan struktur bangunan seperti perencanaan kolom balok dan plat lantai beton bertulang maupun struktur baja.
8.dapat membuat website teknik sipil dan arsitektur seperti ilmusipil.com yang juga merupakan alumni teknik gambar bangunan SMK N 26 ( STM Pembangunan ) Semarang.
9.Pada perusahaan kontraktor dapat bertugas sebagai drafter, pelaksana lapangan, pengukuran atau uitzet, pengendalian proyek, Quantity Surveyor, Quality Qontrol dan bidang pekerjaan lainya yang sudah diajarkan di bangku sekolah dan kelebihan alumni sekolah ini adalah kemauan terus belajar sesuai dengan motto sekolah yaitu “tiada hari tanpa prestasi”.
10.Pelajaran etika dan budi pekerti yang baik juga diutamakan di sekolah SMK ini.
11.Mempunyai disiplin yang tinggi karena di sekolah juga diterapkan pendidikan kediplinan yang di didik langsung oleh TNI atau POLRI.
Gedung TGB untuk kelas 10 dan terdapat 1 ruang praktek

Gedung TGB untuk kelas 11 dan 12

Pendopo TGB


walaupun sulit TEKNIK GAMBAR BANGUNAN selalu yang terbaik dari jurusan yang lain. Solidaritas TGB sangat tinggi dari kelas X sampai alumninya. Jika belajar TGB dengan sungguh sungguh pasti bisa. Karena di SMKN 26 jakarta perusahaan- perusahaan banyak yang bekerjasama dengan SMKN 26 JAKARTA. Dan sekarang saya akan menampilkan gambar bangunan Teknik Gambar Bangunan nah itu dia tentang SMKN 26 & TEKNIK GAMBAR BANGUNAN yang bisa saya jelaskan mohon maaf jika ada salah salah kata


 ____-TERIMA KASIH-____

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.