Selasa, 14 Oktober 2014

RUMAH ADAT BANGKA BELITUNG

assalamualaikum kawan/kakak/adik kali ini saya akan share tentang rumah tradisional adat bangka belitung. saya akan menjelas/nge-share foto-foto rumah bangka belitung sampai filosofinya. Disimak ya......

1. FOTO-FOTO RUMAH TRADISIONAL BANGKA BELITUNG (RUMAH LIMAS)

2. DENAH RUMAH TRADISIONAL BANGKA BELITUNG


3. GAMBAR POTONGAN DAN TAMPAK



4. MATERIAL
Kebanyakan rumah limas luasnya mencapai 400 sampai 1000 meter persegi atau lebih, yang didirikan diatas tiang-tiang dari kayu unglen atau ulin yang kuat dan tahan air. Dinding, pintu dan lantai umumnya terbuat dari kayu tembesu. Sedang untuk rangka digunakan kayu seru. Setiap rumah, terutama dinding dan pintu diberi ukiran.

5. BENTUK RUMAH LIMAS BANGKA BELITUNG
Rumah Adat Provinsi Bangka Belitung - Struktur bangunan rumah adat Bangka Belitung berbentuk rumah panggung dengan atap rumah berbentuk limas. Masyarakat Bangka Belitung biasa menyebutnya dengan Rumah Panggung Limas. Rumah adat panggung limas sangat kental sekali dengan budaya melayu yang merupakan ciri khas dari rumah adat ini. Komponen penyusun dari bangunan ini yang mendominasi terbuat dari kayu yang melambangkan kehidupan yang penuh dengan kesederhanaan. Arsitektur Rumah adat Bangka Belitung dikenal memiliki tiga (3) type yaitu Arsitektur Melayu Awal, Arsitektur Melayu Bubung Panjang dan Arsitektur Melayu Bubung Limas. Struktur bangunan Arsitektur Melayu Awal terbuat dari bahan - bahan yang didapat dari alam, yaitu kayu, rotan, bambu, akar pohon, daun - daun, atau alang - alang dan komponen lainnya. Rumah adat ini, bangunan pondasi atau tiang terbuat dari yang memiliki jumlah tiang sebanyak 9 tiang. Dengan tiang utama terletak di tengan - tengah bangunan. Untuk Arsitektur Melayu Bubung Panjang terdapat penambahan - penambahan pada sisi bangunan, seperti atap yang diperpanjang dan lainnya. Sedangkan Arsitektur Melayu Bubung Limas bagian atap rumah berbentuk limas karena ada pengaruh budaya dari palembang. Pada umumnya rumah bubung limas dibangun oleh masyarakat Tionghoa.

6. FILOSOFI
Bangunan ini beratap tinggi di mana sebagian atapnya miring, memiliki beranda di muka, serta bukaan banyak yang berfungsi sebagai fentilasi. Rumah Melayu awal terdiri atas rumah ibu dan rumah dapur, yang berdiri di atas tiang rumah yang ditanam dalam tanah. Berkaitan dengan tiang, masyarakat Kepulauan Bangka Belitung mengenal falsafah 9 tiang. Bangunan didirikan di atas 9 buah tiang, dengan tiang utama berada di tengah dan didirikan pertama kali. Atap ditutup dengan daun rumbia. Dindingnya biasanya dibuat dari pelepah/kulit kayu atau buluh (bambu). Rumah Melayu Bubung Panjang biasanya karena ada penambahan bangunan di sisi bangunan yang ada sebelumnya, sedangkan Bubung Limas karena pengaruh dari Palembang. Sebagian dari atap sisi bangunan dengan arsitektur ini terpancung. Selain pengaruh arsitektur Melayu ditemukan pula pengaruh arsitektur non-Melayu seperti terlihat dari bentuk Rumah Panjang yang pada umumnya didiami oleh warga keturunan Tionghoa. Pengaruh non-Melayu lain datang dari arsitektur kolonial, terutama tampak pada tangga batu dengan bentuk lengkung. Rumah limas bangka belitung sekarang ini dapat dihitung dengan jari dahulu rumah limas merupakan kebanggaan pemiliknya karena dari bentuk rumah orang akan tau siapa pemilik rumah tersebut. sesuai dengan namanya Rumah panggung limas berbentuk panggung dan atapnya berbentuk limas terbuat dari kayu yang kuat seperti kayu nyato salah satu kayu yang berkualitas di bangka belitung. itu dia ulasan tentang rumah adat bangka belitung, semoga bermanfaat buat agan agan semua .

 SUMBER:
http://id.wikipedia.org/wiki/Rumah_Limas
http://www.zonabangkabelitung.com/2014/03/rumah-adat-provinsi-bangka-belitung.html http://digali.blogspot.com/2013/10/rumah-limas-ini-kepunyaan-bangka.html#axzz3G2NEWvF1

 ______-TERIMA KASIH-______

3 komentar:

  1. sangat informatif, salam kenal redaksindonesia.blogspot.com

    BalasHapus
  2. maaf mau tanya, itu sumber nya akurat ga ya. di point ke 3 tentang potongan,, itu gambar ke2 itu rumah bumbung panjang johor klo dr keterangan gambar. sedangkan bagian atasnya potongan rumah kudus masa surut. mohon pencerahan. saya sedang ada pekerjaan ini. thx. :)

    BalasHapus
  3. tolong di koreksi denah di gambar tersebut, menurut saya itu bukan denah dari rumah ada bangka.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.